Kelebihan dan Kekurangan Genset Diesel dan Bensin

Posted on

Diesel merupakan sejenis mesin pembakaran pemicu dalam atau sebuh mesin pemicu kompresi, artinya bahan yang di nyalakan oleh suhu tinggi gas yang di kompresi, bukan dengan alat berenergi lain seperti halnya busi. Salah satu merk diesel yang sudah di kenal banyak orang adalah merk mesin diesel yanmar. Diesel ini memiliki tenaga yang fantastis dan tangguh, sehingga cocok dijadikan sebagai mitra kerja.

Kelebihan dan Kekurangan Genset Diesel dan Bensin

Dalam memilih mesin harus sangat berhati-hati dan teliti karena apabila salah memilih mesin menjadikan barang tidak akan bertahan lama dan mudah rusak. Setiap distributor tentunya juga jual genset yanmar 30 kva, meski demikian cari mesin diesel yang original dan sesuai dengan kebutuhan. Jual genset 30 kva surabaya sangat banyak dengan berbagai macam type dan merk genset.

Kelebihan serta kekurangan mesin diesel dan bensin

Mesin diesel dan mesin bensin merupakan dua jenis menis yang mempunyai cara kerja yang berbeda. Perbedaanya yang paling mendasar antara mesin diesel dan mesin bensin adalah  adanya komponen atau pemicu ledakan di ruang bakar. Jika mesin bensin terjadi ledakan karena kombinasi antara busi, udara dan bahan bakar.

Sedangkan mesin diesel menggunakan tekanan atau kompresi udara, artinya udara masuk melalui torak dan dikompresi hingga mencapai tekanan dan suhu tertentu, pada saat bersamaan bahan bakar di injeksi ke ruang bakar, kemudian pertemuan antara kompresi udara dan bahan bakar ini memicu ledakan partikel solar yang kemudian menggerakkan komponen lainnya hingga ke roda.

Perbedaan paling mendasar diantara keduanya adalah pada mesin diesel tidak terdapat busi, sedangkan mesin bensin terdapat busi. Walau demikian, keduanya tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut kelebihan dan kekurangan pada mesin diesel :

  1. Usian mesin lebih panjang

Pada umumnya mesin diesel di buat menggunakan material yang lebih kuat. Karena material dari mesin diesel ini mempunyai kompresi yang lebih tinggi. Suhu udara dalam ruang bakar pun jauh lebih panas, oleh karena itu di butuhkan untuk membakar solar dengan maksimal.

  1. Torsi Tinggi

Mesin diesel menghasilkan torsi atau kekuatan menarik yang lebih baik pada rpm rendah. Seperti halnya pada mesin diesel empat silinder yang menghasilkan torsi yang sama dengan mesin bensin enam silinder, meski terkadang tenaga kuda yang dihasilkan cenderung lebih rendah.

  1. Ekonomis

Benda yang menggunakan mesin diesel  mengkonsumsi  bahan bakar lebih sedikit di bandingkan mesin bensin. Hal ini karena mesin diesel mempunyai rasio kompresi lebih tinggi dari pada mesin bensin.

  1. Bising

Kekurangan dari mesin diesel ini di kenal memiliki suara yang bising. Kebisingan yang di hasilkan dari mesin diesel ini adalah dari suara mesin itu sendiri.  Sehingga, suara mesin mudah di dengar tanpa bantuan alat apapun. Sedangkan pada mesin bensin sebagian besar suara bising berasal dari knalpot atau sistem pembuangan pada suatu benda.

  1. Mahal

Mesin diesel mempunyai rasio kompresi lebih tinggi, sehingga mesin ini di buat dengan material yang cukup kuat.  Dan material yang cukup kuat membuat harga mesin diesel ini masih mahal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *